Sejarah KekristenanSejarah gereja Kristen sepanjang dua ribu tahun mulai dari negara Israel sampai ke Eropa, Amerika, dan Indonesia sangat menarik untuk dicermati. Sejarah gereja dipengaruhi oleh tokoh-tokoh gereja yang tidak terbilang banyaknya, dan juga menimbulkan kejadian-kejadian yang mengubah alur sejarah dunia. Tanggal-tanggal terpenting dalam sejarah gereja dan kekristenan bisa ditonton pada sub anggota artikel ini. Kehidupan Yesus![](https://kategori-antropologi.pts-ptn.net/_sepakbola/_baca_image.php?td=5&kodegb=220px-Cristo_crucificado.jpg) "Penyaliban Kristus", karya Diego Velázquez. Kelahiran, pelayanan, kematian, kebangkitan, dan kenaikan Yesus ke surga yaitu pokok dari kepercayaan Kristen. Periode ini dimulai sejak kelahiran Yesus sampai kematian dan kebangkitan Yesus, kurang semakin dari 4 SM sampai 33 M. Yesus dilahirkan anggar-anggar tahun 4 SM dan dijadikan dewasa di Nazareth, Galilea; setelah dia berumur tiga dasawarsa, dimulailah pelayanan Yesus sementara tiga tahun termasuk merekrut keduabelas rasul, mengerjakan mujizat, menolak setan, menyembuhkan penduduk sakit, dan membangkitkan penduduk mati; Yesus dihukum dengan cara disalib oleh karena hasutan pemimpin-pemimpin agama yang tidak suka dengan segala sesuatu yang diajarkan Yesus yang diasumsikan bertentangan dengan segala sesuatu yang diajarkan mereka. Dia disalibkan di Bukit Golgota, Yerusalem anggar-anggar tahun 29-33 oleh perintah Gubernur Provinsi Yudea Romawi, Pontius Pilatus dan setelah disalibkan, Yesus mati dan dikuburkan di gua batu. Umat Kristiani percaya bahwa Yesus bangung dari mati pada hari ketiga setelah kematiannya dan menampakkan diri untuk semakin dari lima ratus saksi mata. Empat puluh hari kemudian Dia naik ke surga dengan disaksikan penduduk banyak. Umat Kristiani juga percaya bahwa para imam Yahudi yang ketakutan menyogok para penjaga kubur untuk menyebarkan kabar bohong bahwa Yesus tidak bangung melainkan mayatnya dicuri oleh para muridnya. Kelima hal ini (lahir, pelayanan, mati, bangung, naik ke surga) yaitu intisari kekristenan. Informasi utama tentang kehidupan Yesus berasal dari keempat Injil dan tulisan-tulisan Paulus serta murid-murid Yesus lainnya yang secara kolektif dinamakan buku Perjanjian Baru. Gereja mula-mulaGereja dimulai 40 hari sesudah kebangkitan Yesus (sekitar tahun 30 Masehi) Yesus sudah berjanji bahwa Dia hendak mendirikan gerejaNya (Matius 16:18), dan dengan datangnya Roh Kudus pada hari Pentakosta (Kisah 2:1-4), Gereja (“kumpulan yang dipanggil keluar”) secara resmi dimulai. Tiga ribu penduduk yang menerima khotbah Petrus pada hari itu dan memilih untuk menyertai Kristus. Petobat-petobat pertama untuk kekristenan yaitu rakyat Yahudi atau peganut-penganut Yudaisme, dan gereja berpusat di Yerusalem. Karenanya kekristenan pada mulanya dipandang sebagai sekte Yahudi, sesuai seperti rakyat Farisi, Saduki, atau Esseni. Namun demikian, apa yang dikhotbahkan para rasul berlainan secara radikal dari apa yang diajarkan oleh kelompok-kelompok Yahudi lainnya. Yesus yaitu Mesias penduduk Yahudi (Raja yang Diurapi) yang datang untuk menggenapi Hukum Taurat (Matius 5:17) dan mendirikan Perjanjian Baru yang berdasarkan pada kematianNya (Markus 14:24). Berita ini, dan tuduhan bahwa mereka telah membunuh Mesias mereka sendiri, membikin banyak pemuka Yahudi dijadikan marah, dan beberapa penduduk, seperti Saul dari Tarsus, mengambil tindakan untuk memusnahkan “Jalan” itu (Kisah 9:1-2). Periode gereja mula-mula dimulai sejak dimulainya pelayanan rasul Petrus, Paulus dsb-nyanya dalam memberitakan kisah Yesus sampai bertobatnya Kaisar Konstantinus I, kurang semakin tahun 33 sampai 325. Pada periode ini gereja dan rakyat Kristen mengalami penganiayaan, terpenting penganiayaan fisik, namun bapak-bapak gereja mulai menulis tulisan-tulisan Kristen yang pertama dan ajaran-ajaran yang menyeleweng yang bermunculan diatasi. Tidak lama setelah Pentakosta, pintu gereja terbuka untuk rakyat bukan Yahudi. Rasul Filipus berkhotbah untuk rakyat Samaria (Kisah 8:5), dan banyak dari mereka yang percaya untuk Kristus. Rasul Petrus berkhotbah untuk rumah tangga Kornelius yang bukanlah penduduk Yahudi (Kisah 10) dan mereka juga menerima Roh Kudus. Rasul Paulus (mantan penganiaya gereja) memberitakan Injil di seluruh dunia Greko-Romawi, sampai ke Roma sendiri (Kisah 28:16) dan bahkan mungkin sampai ke Spanyol. Pada tahun 70, tahun di mana Yerusalem dihancurkan, kitab-kitab Perjanjian Baru telah lengkap dan beredar di selang gereja-gereja. Untuk 240 tahun berikutnya, rakyat Kristen dianiaya oleh Roma, kadang secara acak, kadang atas perintah pemerintah. Pada zaman kedua dan ketiga, kepemimpinan gereja mejadi makin hirakhis seiring dengan peningkatan jumlah. Beberapa segala sesuatu yang diajarkan sesat diurai dan dihalau pada zaman ini, dan kanon Perjanjian Baru disepakati. Penganiayaan terus meningkat.
Gereja di bawah Kekaisaran RomawiPeriode ini dimulai sejak pertobatan Kaisar Konstantinus I dan merupakan Kristen sebagai agama resmi Romawi, sampai dimulainya Zaman Pertengahan, yaitu ketika Kaisar Romawi paling pengahabisan, Romulus Agustus dijatuhkan, persangkaan tahun 313 sampai 476. Pada periode ini Kepausan mulai berkembang, rakyat Kristen tidak dianiaya sekejam dahulu lagi, agama dan politik mulai bercampur jadi satu, dan Alkitab bahasa Latin yang memuat Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru dikanonisasi.
Tahun | Tokoh | Tempat | Deskripsi singkat |
---|
312 | Konstantinus I | Roma | Kaisar Konstantinus I dijadikan Kristen setelah mendapat penglihatan salib dan dijadikan pembela dan pelindung kaum Kristen yang tertindas. | 323 | Eusebius dari Kaisarea | Kaisarea | Eusebius dari Kaisarea menuntaskan karyanya, Historia Ecclesiastica, atau sejarah gereja mula-mula. | 325 | Konstantinus I | Nicea | Konsili Nicea I menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam saling berargumentasi dan merumuskan doktrin yang mengemukakan tentang siapa Yesus sesungguhnya. | 341 | Ulfilas | Goth | Ulfilas, penerjemah Alkitab Gothik, dibawa ke atas dijadikan uskup | 358 | Basil dari Kaisarea | Kaisarea | Basil yang Agung mendirikan komunitas biarawan (monastik). | 367 | Athanasius | Aleksandria | Athanasius menulis "Surat Paskah" yang mengakui Kanon Perjanjian Baru yang menegaskan buku yang sesuai yang masa ini dipergunakan. | 385 | Ambrosius | Milan | Uskup Ambrosius membantah Permaisuri Kaisar Theodosius di Milan. Gereja hendak membantah negara bila diperlukan untuk melindungi segala sesuatu yang diajarkan Kristen dan melawan segala tindakan jahat. | 387 | Agustinus Hippo | Milan | Agustinus dijadikan penduduk Kristen. Tulisannya dijadikan landasan Zaman Pertengahan. Buku Pengakuan (Confessionum) dan Kota Allah (De Civitate Dei) sedang banyak dibaca masa ini. | 398 | Yohanes Krisostomus | Konstantinopel | Yohanes Krisostomus, si pendeta "berlidah emas", dijadikan uskup Konstantinopel dan memimpin gereja di dalam bermacam kontroversi | 405 | Hieronimus | Roma | Hieronimus menuntaskan karyanya Alkitab Vulgata yang dijadikan standar untuk seribu tahun ke depan.
| 432 | Patrick | Irlandia | Patrick menjalani misi ke Irlandia ─ setelah dibawa ke sana pada masa mudanya dijadikan budak. Dia kembali dan memimpin penduduk Irlandia dalam jumlah agung dijadikan Kristen. | 451 | Paus Leo I | Khalsedon | Konsili Khalsedon menegaskan segala sesuatu yang diajarkan ortodoks bahwa Yesus yaitu Allah dan manusia dan keduanya yaitu satu Orang. |
Gereja pada Zaman PertengahanPeriode ini dimulai sejak kesudahannyanya kekuasaan Kaisar Romawi Barat sampai dimahkotainya Charlemagne dijadikan Kaisar Eropa Barat, persangkaan tahun 476 sampai hari Natal tahun 800. Pada periode ini gereja, terpenting Kepausan, mengalami kemunduran moral. Para Paus dipaksa untuk terlibat semakin dalam lagi dalam politik, yang seringkali kotor, dan harus mengimbangi keinginan Kekaisaran Romawi Timur dan pemerintahan bangsa barbar di Barat. Meskipun banyakan penduduk Kristen pada periode ini bermukim di Asia Minor, namun penyebaran Injil terus diterapkan ke bermacam pelosok Eropa yang hendak memengaruhi sejarah Zaman Pertengahan. Sementara Zaman Pertengahan di Eropah, Gereja Katolik Roma terus memegang kekuasaan, dengan Paus sebagai pemegang kekuasaan atas semua jenjang kehidupan dan hidup seperti raja. Korupsi dan ketamakan dalam kepemimpinan gereja yaitu hal yang umum. Dari tahun 1095 sampai 1204 para Paus mendukung serangkaian perang salib yang berdarah dan mahal dalam usaha untuk menolak kaum kaum Muslimin dan membebaskan Yerusalem.
Tahun | Tokoh | Tempat | Deskripsi singkat |
---|
529 | Benediktus | Monte Cassino | Benediktus dari Nursia mendirikan ordo kerahiban ─ "pemerintahannya" dijadikan yang paling berpengaruh sementara berabad-abad ke depan | 563 | Kolumba | Skotlandia | Kolumba menjalani misi ke Skotlandia. Dia mendirikan pusat misi kerahiban yang melegenda di Iona. | 590 | Paus Gregorius I | Roma | Paus Gregorius I digelari "Yang Agung." Kepemimpinannya secara nyata memajukan perkembangan kepausan. | 664 | Sinode Whitby | Inggris | Sinode Whitby menetapkan bahwa gereja Inggris hendak dijadikan di bawah otoritas gereja Roma | 716 | Bonifakus | Jermania | Bonifakus, "rasul untuk Jerman", pergi dijadikan misionaris dan membawa Injil ke daerah-daerah kafir (pagan) | 763 | Selisih | Inggris | Venerabilis Selisih menuntaskan karyanya yang teliti dan penting "Sejarah Gerejawi Bangsa Inggris" (Historia Ecclesiastica Gentis Anglorum) | 732 | Charles Martel | Tours | Charles Martel menyetop penyerbuan Muslim yang mengancam Eropa |
Gereja pada awal mula EropaPeriode ini dimulai sejak penahbisan Karel Agung sebagai Kaisar Eropa Barat sampai kejatuhan Kekaisaran Romawi Timur dengan didudukinya Konstantinopel oleh bangsa Turki (1453) dan Reformasi Protestan, persangkaan tahun 800 sampai 1500. Pada mulanya, hampir seluruh Eropa Barat di bawah kekuasaan Kaisar Kristen, Karel Agung. Misionaris-misionaris mulai dikirim ke Eropa Timur dan Rusia, biarawan-biarawan mulai membikin perubahan dari landasan setelah melihat kondisi gereja yang memburuk, dan Perang Salib dengan bangsa Asia dimulai, namun universitas mulai diurai sehingga tidak hanya para rahib namun rakyat biasa juga bisa membaca dan menulis. Lain daripada itu terjadi perpisahan selang gereja Katolik Barat di Eropa Barat dan gereja Ortodoks Timur di Asia Kecil.
Tahun | Tokoh | Tempat | Deskripsi singkat |
---|
800 | Karel Agung | Aachen | Charles yang Agung dibawa ke atas dijadikan Kaisar oleh Paus pada hari Natal. Dia memajukan gereja, pendidikan, dan kebudayaan Eropa. | 863 | Siril dan Metodius | Slavia | Siril dan Metodius, dua penduduk Yunani bersaudara, menginjili penduduk Slav. Siril memperkembangkan aksara Sirilik, landasan bahasa Slavik yang sedang dipakai di gereja Rusia. | 909 | William yang Saleh | Aquitaine | Di Cluny didirikan sebuah biara, pusat reformasi. Pada pertengahan zaman ke-12, terdapat semakin dari seribu rumah di bawah bimbingan biara Cluny. | 988 | Vladimir I | Kiev | Pangeran Vladimir dari Kiev dijadikan Kristen ─ dia berusaha menemukan agama-agama di dunia dan memilih Ortodoksi untuk menyatukan dan mengasuh rakyat Rusia. | 1054 | Paus Leo IX | Eurasia | Setelah berabad-abad gereja Timur dan Barat adalah gereja tunggal, pengahabisannya perpisahan tersebut terjadi yang berlanjut sampai hari ini. | 1093 | Anselmus | Canterbury | Anselmus dijadikan Uskup Agung Canterbury. Seorang rahib yang tekun dan teologian yang handal, dia menyelidiki "Mengapa Allah Dijadikan Manusia" (Cur Deus Homo) | 1095 | Paus Urbanus II | Clermont | Paus Urbanus II menyerukan Deus Vult! - "Allah menghendakinya!" dan dengan itu memulai Perang Salib yang mengakibatkan banyak peperangan yang tragis. | 1115 | Bernardus | Clairvaux | Bernardus mendirikan biara di Clairvaux. Dia dan biara tersebut dijadikan pusat spiritual dan pengaruh politik yang agung | 1150 | Petrus Abelardus | Paris | Universitas Paris dan Universitas Oxford didirikan dan dijadikan inkubator Zaman Pencerahan dan reformasi Protestan dan dijadikan model pola pendidikan modern. | 1173 | Peter Waldo | Perancis | Peter Waldo mendirikan gerakan Waldenisme/Waldensian/Kaum Walden, gerakan reformasi sebelum era Martin Luther yang memberi penekanan pada kemiskinan, khotbah, dan Alkitab. Mereka pengahabisannya dituduh sebagai pengikut segala sesuatu yang diajarkan sesat oleh gereja pada masa itu | 1206 | Fransiskus Bernardone | Assisi | Fransiskus dari Assisi menghindar dari segala kekayaan dunia dan memimpin sekelompok rahib miskin memberi pelajaran ke cara hidup sederhana | 1215 | Paus Innocentius III | Roma | Konsili Lateran Keempat mengenai segala sesuatu yang diajarkan sesat, meneguhkan doktrin Katolik Roma dan menetapkan otoritas Paus | 1273 | Thomas Aquinas | Cologne | Thomas Aquinas menuntaskan karyanya Summa Theologica (Ringkasan Teologi), mahakarya teologis pada Zaman Pertengahan | 1321 | Dante Alighieri | Italia | Dante menuntaskan Divina Commedia (Komedi Ilahi), karya literatur Kristen terbesar pada Zaman Pertengahan. | 1378 | Katarina Siena | Roma | Katarina dari Siena pergi ke Roma untuk menolong ronde penyembuhan dampak Pemisahan Kepausan. Beberapa karena pengaruhnya karenanya kepausan kembali ke Roma dari Avignon | 1387 | John Wycliffe | Inggris | John Wycliffe diasingkan dari Oxford dan mengepalai penerjemahan Alkitab bahasa Inggris. Dia pengahabisannya dinamakan sebagai "Bintang Fajar Reformasi" | 1415 | Jan Hus | Konstanz | Jan Hus dihukum dan dibakar pada tiang pancang oleh Konsili Konstanz | 1456 | Johann Gutenberg | Strasburg | Johann Gutenberg membikin Alkitab cetak untuk pertama kalinya, dan percetakannya dijadikan katalis di era yang baru untuk memilah-milah ide, informasi, dan teologi baru | 1478 | Ferdinand II | Spanyol | Inkuisisi Spanyol didirikan di bawah Ferdinand dan Isabella untuk melawan penyebaran segala sesuatu yang diajarkan sesat | 1498 | Girolamo Savonarola | Florence | Girolamo Savonarola seorang reformator berapi-api Ordo Dominikan dari Florence, dihukum mati | 1512 | Michelangelo Buonarroti | Vatikan | Michelangelo Buonarroti menuntaskan mahakaryanya yaitu langit-langit Kapel Sistine di kota suci Vatikan. |
Reformasi Protestan di EropaPeriode ini diwarnai oleh tokoh-tokoh yang membawa pembaruan dalam gereja Katolik Roma, persangkaan tahun 1517 sampai 1600. Tokoh-tokoh Reformasi seperti Martin Luther, Yohanes Calvin, John Knox, pada pengahabisannya mengakhiri dominasi para uskup dan biarawan dalam mempelajari Alkitab. Reformasi Protestan menyebabkan Kontra-Reformasi dan reformasi lainnya di Eropa Barat, sementara penemuan benua Amerika menyebabkan kaum Protestan yang dianiaya di Eropa, terpenting Inggris, melarikan diri ke Amerika dan memulai negara baru yang berdasarkan kekristenan. Dalam waktu seratus tahun, terjadi semakin banyak peristiwa-peristiwa penting dari abad-abad sebelumnya, dan seluruh Eropa Barat terancam perang beradik-berkakak. Di Inggris, Perancis, Spanyol, Swiss, Skotlandia, pertentangan selang bangsawan dan penguasa Kristen dan Katolik menyebabkan pertumpahan darah.
Tahun | Tokoh | Tempat | Deskripsi singkat |
---|
1517 | Martin Luther | Wittenberg | Martin Luther memakukan 95 dalilnya, sebuah undangan sederhana untuk saling berargumentasi cendekiawan yang secara tidak sengaja dijadikan sebuah "engsel sejarah" | 1523 | Ulrich Zwingli | Swiss | Ulrich Zwingli, sebaya Luther, memimpin Reformasi Swiss dari tempat dia dijadikan pastor di Zürich. | 1525 | Kaum Anabaptis | Eropa | Gerakan Anabaptis dimulai. "Reformasi radikal" ini bersikeras hendak tidak kekurangannya baptisan penduduk percaya dan pemisahan gereja dan negara. | 1534 | Henry VIII | Inggris | Henry VIII mengeluarkan Hukum Supremasi yang mengangkat raja Inggris, bukan Paus, dijadikan kepala gereja Inggris. | 1536 | Yohanes Calvin | Jenewa | Yohanes Calvin menerbitkan Christianae Religionis Institutio (Institusi Agama Kristen), hasil karya teologis terbesar dalam Reformasi. | 1540 | Ignatius Loyola | Loyola | Ordo Serikat Yesus (Yesuit) disetujui oleh Vatikan. Pendirinya yaitu Ignatius Loyola. Mereka memberikan pelayanan mereka sepenuhnya ke tangan Paus. | 1545 | Paus Paulus III | Trente | Konsili Trente diurai oleh Gereja Katolik untuk menjawab masalah-masalah dan menyiapkan sarana untuk Reformasi Katolik. | 1534 | Thomas Cranmer | Inggris | Cranmer menulis Buku Doa Umum untuk gereja Inggris. | 1559 | John Knox | Skotlandia | John Knox kembali ke Skotlandia untuk memimpin reformasi di sana, setelah masa pengasingannya di Jenewa tempat Calvin tidak kekurangan. | 1572 | Kaum Huguenot | Perancis | Pembantaian Hari Santo Bartolomeus dijadikan saksi pembantaian puluhan ribu kaum Protestan Huguenot di Perancis. | 1608 | John Smyth | Amsterdam | John Smyth, pendeta Anglikan yang dijadikan Separatis, membaptis jemaat "Baptis" yang pertama. | 1611 | Raja James | Inggris | Penerbitan Alkitab Versi Raja James pertama yang disusun oleh 54 pandai sementara empat tahun. | 1620 | Kaum Separatis | Massachussets | Para Peziarah menandatangani Perjanjian Mayflower dan mendedikasikan diri mereka untuk kebaikan bersama, menjunjung solidaritas kumpulan, dan membela rekonsiliasi Kristen. | 1628 | Jan Komenius | Polandia | Jan Komenius diasingkan dari tanah kelahirannya dan mengembara sepanjang hidupnya, menyebarkan segala sesuatu yang diajarkan reformasi dan memohon rekonsiliasi Kristen. | 1628 | Westminster Assembly | Westminster | Pengakuan Iman Westminster disusun di Ruang Yerusalem di dalam Westminster Abbey. | 1648 | George Fox | Inggris | George Fox mendirikan Perkumpulan Agama Sahabat, yang sering dikenal dengan nama Quacker atau "Kaum Quaker". Mereka berusaha untuk hidup sederhana, menentang peperangan, dan menjauhi ibadah formal. |
Gereja pada Zaman Penjelajahan dan Zaman PeneranganSejak zaman ke-17, penjelajah-penjelajah dari Eropa menjelajahi seluruh dunia dan pada masa yang bersamaan membawa iman mereka ke seluruh dunia. Terkadang rakyat asli yang mereka datangi dipaksa menerima iman mereka di bawah ancaman senapan, namun mayoritas pertobatan yang terjadi di luar Eropa yaitu berkat jasa-jasa para misionaris tak bernama baik Kristen maupun Katolik, yang tinggal dan memberi pelajaran masyarakat satu tempat.
Gereja ModernMasa ini Gereja Katolik Roma dan Gereja Ortodoks Timur telah mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki hubungan mereka yang rusak, sebagaimana diterapkan pula oleh Katolik dan Lutheran. Gereja injili berdiri sendiri dan berakar kuat dalam teologia Reformed. Gereja juga menyaksikan bangungnya Pentakostalisme, gerakan Karismatik, oikumenisme dan bermacam segala sesuatu yang diajarkan sesat. Kalaupun kita hanya berusaha bisa satu hal dari sejarah Gereja, kita perlu mengenali pentingnya “Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya (Kolose 3:16). Setiap kita bertanggung jawab untuk mengetahui apa istilah Alkitab dan untuk hidup menaatinya. Ketika gereja melupakan apa yang diajarkan Alkitab dan mengabaikan pengajaran Yesus, kekacauan merajalela. Masa ini tidak kekurangan banyak gereja, namun hanya satu injil. Itu yaitu “mempertahankan iman yang telah dicukupkan untuk rakyat kudus.” (Yudas 3). Mari kita dengan hati-hati mempertahankan iman itu dan meneruskannya tanpa mengubahnya. Dan kiranya Tuhan terus memenuhi janjiNya untuk membangun gerejaNya. Gereja di Indonesia Lihat pulaSejarah kekristenan menurut zaman | SM | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 | 17 | 18 | 19 | 20 | 21 |
Referensi - A. Kenneth Curtis, J. Stephen Lang & Randy Petersen, 100 Peristiwa Penting dalam Sejarah Kristen, Immanuel, 1999. (terjemahan dari buku berbahasa Inggris: "100 Most Important Events in Church History")
- Pengantar edisi khusus majalah Christian History #28: 100 Most Important Events in Church History [1]
- 239 peristiwa penting dalam sejarah gereja
- Garis waktu sejarah gereja
- 75 peristiwa penting lainnya dalam sejarah gereja
Bacaan semakin lanjut - Bowden, John. Encyclopedia of Christianity (2005), 1406pp excerpt and text search
- Cameron, Averil (1994). Christianity and the Rhetoric of Empire: The Development of Christian Discourse. Berkeley, CA: University of California Press. p. 275. ISBN 0-520-08923-5.
- Carrington, Philip. The Early Christian Church (2 vol. 1957) vol 1; online edition vol 2
- Endsjø, Dag Øistein. Greek Resurrection Beliefs and the Success of Christianity (2009).
- González, Justo L. (1984). The Story of Christianity: Vol. 1: The Early Church to the Reformation. Harper. ISBN 0-06-063315-8. ; The Story of Christianity, Vol. 2: The Reformation to the Present Day. 1985. ISBN 0-06-063316-6.
- Grabar, André (1968). Christian iconography, a study of its origins. Princeton University Press. ISBN 0691018308.
- Hastings, Adrian (1999). A World History of Christianity. Grand Rapids: Wm. B. Eerdmans Publishing. ISBN 0802848753.
- Holt, Bradley P. Thirsty for God: A Brief History of Christian Spirituality (2nd ed. 2005)
- Johnson, Paul. History of Christianity (1979) excerpt and text search
- Latourette, Kenneth Scott (1975). A History of Christianity, Volume 1: Beginnings to 1500 (revised ed.). Harper. ISBN 0-06-064952-6. excerpt and text search; A History of Christianity, Volume 2: 1500 to 1975. 1975. ISBN 0-06-064953-4.
- Livingstone, E. A., ed. The Concise Oxford Dictionary of the Christian Church (2nd ed. 2006) excerpt and text search online at Oxford Reference
- MacCulloch, Diarmaid. Christianity: The First Three Thousand Years (2010)
- McLeod, Hugh, and Werner Ustorf, eds. The Decline of Christendom in Western Europe, 1750-2000 (2003) 13 essays by scholars; online edition
- McGuckin, John Anthony. The Orthodox Church: An Introduction to its History, Doctrine, and Spiritual Culture (2010), 480pp excerpt and text search
- McGuckin, John Anthony. The Encyclopedia of Eastern Orthodox Christianity (2011), 872pp
- Shelley, Bruce L. (1996). Church History in Plain Language (2nd ed.). ISBN 0-8499-3861-9.
- Stark, Rodney. The Rise of Christianity (1996)
- Schaff, Philip. History of the Church (1882) CCEL.org
- Tomkins, Stephen. A Short History of Christianity (2006) excerpt and text search
Pranala luar - (Indonesia) 100 Peristiwa Penting dalam Sejarah Kristen
- (Indonesia) Sejarah Gereja Protestan di Indonesia
- (Indonesia) Sejarah gereja sampai tahun 900
- (Inggris) Theopedia:Sejarah gereja
- (Inggris) WikiChristian:Sejarah gereja
Sejarah Kekristenan |
---|
| Abad:ke-1 ke-2 ke-3 ke-4 ke-5 ke-6 ke-7 ke-8 ke-9 ke-10 ke-11 ke-12 ke-13 ke-14 ke-15 ke-16 ke-17 ke-18 ke-19 ke-20 ke-21 · Awal · Roma · Pertengahan · Modern | | Yesus dan zaman para rasul | | |
---|
| Periode Ante-Nicene (Sebelum Nicea) | |
---|
| Kerajaan Kristen | |
---|
| Kekristenan Ritus Timur | |
---|
| Zaman Pertengahan | |
---|
| Reformasi Protestan | |
---|
| Katolik Roma | |
---|
| Kekristenan Modern dan Revivalisme | |
---|
| Zaman Industri | Camp meeting · Holiness movement · Gereja Katolik Independen · Kebangunan Agung Kedua (Second Great Awakening) |
---|
| Zaman Adicita | |
---|
| Kronologi · Misi · Syahid · Teologi · Ortodoks Timur · Ortodoks Oriental · Protestantisme · Katolik |
|
Sumber : diskusi.biz, kategori-antropologi.gilland-group.com, wiki.edunitas.com, id.wikipedia.org, dan sebagainya. |
| |
| |