eduNitas.com
Read too :  Waivers Cost Study Request    Job Vacancy    Online Tuition in the Best 168 PTS   . . . . see more
Toll-free service = 0800 1234 000
Ignatius of Loyola
Title B C D E J K L P 
Barbados   ⍃ Mahabharata   ⍃ Mythology   ⍃ Netherlands Antilles   ⍃ Physics   ⍃ Politics   ⍃ Religion   ⍃ Science
Igloo
(Previous)
Igo
(After this content)

Ignatius Loyola

Ignatius Loyola (Bahasa Basque: Ignazio Loiolakoa, Bahasa Spanyol: Ignacio de Loyola) (1491-31 Juli 1556) adalah seorang mantan ksatria Spanyol yang berasal dari sebuah keluarga bangsawan Basque, biarawan, imam Katolik semenjak tahun 1537, dan teolog, yang mendirikan Serikat Yesus dan dijadikan Superior Jendral pertamanya. [1] Ignatius timbul sebagai seorang pemimpin agama selama masa Kontra-Reformasi. Bakti Ignatius pada Gereja Katolik Roma memiliki ciri khas sikap taat total pada kekuasaan dan hierarki Gereja Katolik.[2]

Sehabis terluka serius dalam Peperangan Pamplona pada tahun 1521, Ignatius menyeberangi pengolahan perubahan spiritual kala beliau menjalani perawatan. Buku De Vita Christi karya Ludolph Saxony memberikan inspirasi padanya untuk pergi dari semua kehidupan militer pada masa lewatnya dan membaktikan seluruh dirinya untuk berkarya demi Tuhan, megikuti contoh-contoh para pemimpin rohani seperti Fransiskus dari Assisi. Beliau memperoleh penampakan dari Bunda Maria dan bayi Yesus kala beliau telah tersedia di tempat suci Ratu Montserrat di bulan Maret 1522. Sehabis itu beliau pergi ke Manresa dimana beliau mulai berdoa tujuh jam sehari, seringkali di dalam sebuah gua yang telah tersedia dekat disana, sembari mewujudkan dasar-dasar Latihan Rohani. Di bulan September 1523, Loyola tiba di Tanah Suci untuk tinggal disana, namun tak lama pengahabisan beliau dikirim kembali ke Eropa oleh para imam Fransiskan.

Antara tahun 1524-1537, Ignatius berusaha bisa teologi dan Bahasa Latin di Spanyol dan Paris, Perancis. Pada tahun 1534, beliau tiba di kota Paris selama bergejolaknya sikap anti-Protestan yang memaksa John Calvin untuk pergi dari Perancis. Igantius dan beberapa pengikutnya mengikat diri mereka pada sumpah kemiskinan, kesucian dan ketaatan demi Tuhan dan Gereja Katolik. Pada tahun 1539, mereka mendirikan Serikat Yesus, yang disetujui oleh Paus Paulus III pada tahun 1540. Latihan Rohani juga disetujui oleh paus yang sama pada tahun 1548. Loyola juga merancang Konstitusi Serikat Yesus. Ignatius meninggal di bulan Juli 1556. Beliau pengahabisan dibeatifikasi oleh Paus Paulus V pada tahun 1609, dikanonisasi oleh Paus Gregorius XV pada tahun 1622, dan diangkatkan sebagai pelindung semua retret rohani oleh Paus Pius XI pada tahun 1922. Hari peringatan Ignatius Loyola dirayakan pada tanggal 31 Juli. Ignatius adalah santo pelindung para tentara, Serikat Yesus, wilayah Basque, dan propinsi-propinsi Guipuzcoa dan Biscay.[3]

Daftar isi

Masa Muda

Tempat Suci Loyola, di kota Azpeitia, didirikan di atas rumah tempat kelahiran Ignatius.

Ignacio López de Loyola (bukan Íñigo López de Recalde yang terkadang dipakai) [4] dilahirkan di wilayah Azpeitia di Kastil Loyola yang kala ini termasuk di dalam wilayah Gipuzkoa, di Basque, Spanyol. [5] Beliau dibaptis denga nama Íñigo, dari nama Santo Innicus, biarawan dari Oña --- [4] sebuah nama Basque 100 tahun menengah yang kemungkinan mulia bermakna “Si Kecilku”. [6] Tanpa jelas kapan beliau mempergunakan nama “Ignatius” dan bukan Íñigo lagi(bahasa Latin: Enecus; bahasa Basque: Eneko; bahasa Spanyol: Íñigo).[7] Ignatius tanpa hati-hati untuk mengganti namanya, namun kelihatannya beliau melakukannya itu dengan mempergunakan variasi sederhana dari nama aslinya supaya bertambah dapat diterima di antara orang-orang berbagai bangsa di Perancis dan Italia.[8]

Anak bungsu dari 13 bersaudara, Íñigo baru berusia tujuh tahun ketika ibundanya tutup usia. Pada tahun 1506 Íñigo mengambil nama balik “de Loyola” sebagai referensi pada kota Basque bernama Loyola dimana dia dilahirkan dan dijadikan pegawai kerabat keluarganya, Juan Velázquez de Cuéllar, yang dijadikan bendahara (contador mayor) Kerajaan Castile.

Pada tahun 1509 Íñigo mengangkat senjata membela Antonio Manrique de Lara, adipati Najera dan penguasa Navarre. Menurut Thomas Rochford, S.J., kualitas diplomasi dan kepemimpinannya menjadikannya seorang gentilhombre (prajurit terkemuka) yang sangat berguna bagi sang adipati. [9][10] Di bawah kepemimpinan sang adipati, Íñigo terlibat dalam banyak perang tanpa menyebabkan luka pada dirinya. Namun ketika tentara Perancis yang mendukung Monarki Navarra yang digulingkan pada tahun 1512 menyerbu benteng Pamplona pada tanggal 20 Mei 1521, sebuah peluru meriam melukai salah satu kakinya, dan mematahkan kaki lainnya. [10] Dalam kondisi terluka parah, Íñigo dibawa kembali ke kastilnya. Beliau sangat cemas hendak luka-luka pada kakinya dan menjalani beberapa operasi bedah pada luka-lukanya tersebut, yang sangatlah menyakitkan pada masa-masa itu karena belum tersedianya anestesi.

Ignatius berpakaian peperangan.

Selama masa penyembuhan luka ini, Íñigo membaca buku De Vita Christi karya Ludolph Saxony edisi Catalan. Buku ini benar-benar mempengaruhi seluruh hidupnya. De Vita Christi merupakan hasil kerja Ludolph selama 40 tahun. Buku ini berisikan komentar-komentar tentang kehidupan Yesus Kristus dan tentang Injil-Injil dengan mengambil kutipan-kutipan dari karya-karya para Bapa Gereja. Ludolph terutama mengutip Santo Gregorius Mulia, Santo Basilius, Santo Agustinus dan Bede Yang Terhormat. Dalam karyanya ini, Ludolph memberi-tahu para pembacanya bahwa beliau menempatkan dirinya di tempat dimana cerita-cerita Injil itu terjadi; bahwa beliau memvisualisasikan palungan di tempat kelahiran Kristus, dan yang lainnya. Hal ini dikenal sebagai sebuah agenda doa dengan julukan Kontemplasi Sederhana dan adalah dasar dari agenda doa yang Ignatius jabarkan di dalam Latihan Rohani-nya.[11]

Tempat-tempat Aspirasi Kerohanian

Selama masa penyembuhannya pada tahun 1521, Ignatius membaca banyak tulisan-tulisan religious tentang kehidupan Yesus [12][13] dan kehidupan para orang-orang suci (santo/santa). Hatinya membara dengan ambisi untuk hidup berkarya tanpa memikirkan aku dan memasuki jejak tindakan-tindakan kepahlawanan Fransiskus dari Assisi dan para biarawan lainnya. Beliau memutuskan untuk mengabdikan dirinya pada usaha penyebaran Injil pada kaum non-Kristiani di tanah suci. Sehabis sembuh, beliau mengunjungi sebuah biara Benediktin, Santa Maria de Montserrat (25 Maret 1522) dimana beliau menanggalkan jubah militernya dan mempersembahkannya pada lukisan Sang Perawan Maria. Beliau pengahabisan pergi ke kota Manresa, Catalunya, dan selama beberapa bulan tinggal di sebuah gua di dekat kota itu dimana beliau bertapa dengan keras. Ignatius juga mengalami beberapa penampakan di tengah-tengah hari selama di rumah sakit. Penampakan-penampakan yang terjadi berulang kali ini tampil sebagai “suatu nyata yang mengambang di udara yang telah tersedia di dekatnya dan nyata ini memberinya rasa ketenangan yang amat mendalam karena nyata itu sangatlah indah … nyata itu entah bagaimana terlihat memiliki bangun-bangun mengular dan memiliki banyak benda yang bersinar seperti mata, tapi bukanlah mata. Beliau dijadikan bahagia dan mengalami ketenangan hanya dengan menatap nyata ini … namun ketika nyata ini hilang beliau dijadikan duka.” [14] Pada tahun 1523, beliau melakukan perjalanan ibadah ke Tanah Suci dengan melakukan penolakan aku dan pengorbanan. Beliau tinggal disana dengan agenda singkat dari tanggal 3 hingga 23 September tapi tanpa diperkenankan untuk menetap. Dua belas tahun pengahabisan, berdiri di depan Sri Paus bersama rekan-rekannya, beliau kembali mengajukan diri untuk mengirimkan para rekannya itu sebagai utusan Sri Paus di Yerusalem.[15]

Penampakan pada Ignatius.

Sekembalinya ke Spanyol, Ignatius dan rekan-rekannya sibuk dengan tugas untuk merubah para perempuan yang berstatus sebagai saksi oleh Pihak Inkuisisi di bawah perintah Hakim Alonso Mejias dijadikan murid-murid Tuhan. Walaupuan kaum alumbrados (Illuminati, Yang Telah Dicerahi) Spanyol dengan agenda semangat dan spiritualitas memiliki keterkaitan dengan sikap yang dibuat reformasi Fransiskan dimana Cardinal de Cisneros adalah penggeraknya, “para pejabat Inkuisisi memiliki kecurigaan yang mulia. Murid-murid wanita ini, Dona Leo, Dona Maria, dan Dona Beatriz bertindak-tanduk terlewat fanatik sampai-sampai “salah satunya jatuh terbanting, seorang lainnya terkadang berguling-guling di tanah, sementara yang lainnya pernah terlihat sedang kejang-kejang atau gemetaran dan berkeringat berlebihan.” Kegiatan yang dipekerjakan mencurigakan ini kala Ignatius dan rekan-rekannya sedang dengan agenda teratur berkhotbah di depan publik. Oleh karena “pidato pojok jalannya” diasumsikan sama dengan “aktivitas kaum alumbrados,” Ignatius otomatis diperiksa atas tuduhan sebagai salah satu “nabi” kaum tersebut, walau pengahabisan beliau dilepaskan. [16] Sehabis menyeberangi berbagai kegiatan yang dipekerjakan yang penuh petualangan ini, beliau pengahabisan masuk ke Kolese Montaigu di Universitas Paris untuk menjalani kehidupan sebagai biarawan selama bertambah dari tujuh tahun. Di masa tuanya, beliau seringkali dipanggil “Master Ignatius”. Gelar ini diperolehnya karena beliau memperoleh gelar Master dari universitas tersebut di atas pada usia empat puluh tiga tahun.[17]

Pada tahun 1534 beliau telah mengumpulkan enam rekanan pentingnya, dimana semuanya beliau temui kala dijadikan teman kuliah di Universitas ParisFransiskus Xaverius, Alfonso Salmeron, Diego Laynez dan Nicolas Bobadilla (semuanya orang Spanyol); Peter Faber, orang Perancis; dan Simão Rodrigues dari Portugal. Nantinya Ignatius dan rekan-rekannya ini hendak diturutkan oleh Fransisco de Borja, seorang bagian dari klan Borgia yang dijadikan pembantu utama Kaisar Charles V serta bangsawan-bangsawan lainnya. “Pada pagi hari tanggal 15 Agustus 1534, di ruang bawah tanah Gereja Bunda Para Martir di kota Montmartre, Ignatius beserta keenam rekannya – yang hanya satu di antara mereka pada kala itu yang telah ditahbiskan dijadikan imam – bertemu dan mengambil sumpah suci atas karya hidup mereka.” [17] Ignatius Loyola adalah pendiri dan pemegang pertama jabatan Superior Jendral Serikat Yesus, sebuah organisasi religius Gereja Katolik yang anggota-anggotanya, dikenal sebagai Kaum Yesuit, melayani Sri Paus sebagai misi utama mereka. Ignatius diingat sebagai seorang penuntun spiritual yang sangat berbakat. Beliau dijadikan salah satu tokoh terkemuka yang menentang sikap yang dibuat Reformasi Protestan dan memajukan sikap yang dibuat Kontra Reformasi. Beliau dibeatifikasi dan pengahabisan dikanonikasi serta menerima gelar Santo pada tanggal 12 Maret 1622. Beliau adalah santo pelindung propinsi Guipuscoa dan Biscay bersamaan dengan organisasi Serikat Yesus. Ignatius Loyola menulis Latihan Rohani, sebuah kumpulan sederhana dari 200 halaman tentang meditasi, doa, dan berbagai latihan rohani lainnya, dari tahun 1522 hingga tahun 1524. Latihan-latihan di dalam buku ini dirancang untuk diterapkan selama 28-30 hari.

Pater Jendral Kaum Yesuit

Ignatius terpilih sebagai Superior Jendral pertama dari ordonya, dianugerahi dengan gelar Pater Jendral oleh kaum Yesuit. Beliau mengirimkan rekan-rekannya sebagai misionaris ke seluruh Eropa untuk mendirikan sekolah, perguruan tinggi dan seminari. Juan de Vega, duta mulia Kaisar Charles V di Roma pernah bertemu dengan Ignatius di kota tersebut. Atas rasa hormatnya yang tinggi terhadap Ignatius dan Kaum Yesuit, ketika Vega diangkatkan sebagai wakil kuasa Sisilia beliau membawa orang-orang Yesuit bersamanya. Sebuah perguruan tinggi Yesuit diretas di Messina; kesuksesan institusi ini memperoleh perhatian mulia sehingga agak dan agendanya pengahabisan dicontoh oleh perguruan-perguruan tinggi lainnya. [18] Pada tahun 1548 buku Latihan Spiritual kesudahannya dicetak. Beliau sempat diajukan ke depan Inkuisisi Romawi, namun pengahabisan dilepaskan.

Ignatius sebagai Superior Jendral.

Ignatius menulis Konstitusi Yesuit, yang diadopsi pada tahun 1540 oleh Serikat Yesuit, yang menciptakan organisasi yang bergaya monarki dan menekankan pada penyerahan diri dan ketaatan pada Sri Paus dan para pemimpin ordo dengan agenda mutlak (perinde ac cadaver, “berdisiplin tinggi seperti sesosok mayat” sebagaimana digambarkan oleh Ignatius). Prinsip utamanya dijadikan motto kaum Yesuit: Ad maiorem Dei gloriam (“demi keagungan Allah yang bertambah besar”). Kaum Yesuit merupakan pemeran utama dalam sikap yang dibuat Kontra Reformasi. Antara tahun 1553-1555, Ignatius mendikte kisah hidupnya kepada sekretarisnya, Romo Gonçalves da Câmara. Otobiografi ini merupakan kunci yang sangat berguna untuk memahami karya tulisan Latihan Rohani-nya. Otobiografi ini disimpan di dalam arsip selama kurang-lebih 150 tahun sebelum kaum Bollandis menerbitkannya di Acta Sanctorum. Sebuah edisi penting telah tersedia di volume pertama Fontes Narrativi (1943) yang merupakan bagian dari serial tulisan Monumenta Historica Societatis Iesu. Ignatius wafat di Roma pada tanggal 31 Juli 1556 sebagai akibat dari “demam Romawi”, semacam penyakit malaria yang bertubi-tubi terjadi di kota Roma, Italia, di beberapa periode dalam sejarah.

Kutipan Terkenal dari Ignatius Loyola:

“Bahwa semoga kami selalu sama pemikirannya dan selaras dengan Gereja, bila Gereja menetapkan sesuatu itu berwarna hitam yang walaupun di mata kami berwarna putih, kami harus menerangkannya berwarna hitam sepenuh hati. Karena kami harus percaya sepenuhnya bahwa Roh Tuhan Kami Yesus Kristus dan Roh Mempelainya Sang Gereja Yang Tradisional, yaitu Roh yang membimbing dan mengarahkan kami ke Keselamatan, adalah sama;..."[19]

Kanonisasi dan Warisan

Ignatius dibeatifikasi oleh Paus Paulus V pada tanggal 27 Juli 1609 dan dikanonisasi oleh Paus Gregorius XV pada tanggal 13 Maret 1622. Hari rayanya dirayakan tiap tahun pada tanggal 31 Juli, tanggal wafatnya. Santo Ignatius dihormati sebagai santo pelindung prajurit Katolik, Taruna militer Filipina, negara Basque and berbagai kota di kawasan tempat lahirnya.

Dari semua institusi yang didedikasikan pada Santo Ignatius, salah satu yang terkenal adalah Basilika Santo Ignatius Loyola bangunan di samping rumah kelahirannya di kota Azpeitia, negara Basque. Rumah keluarganya itu sekarang telah diisikan ke dalam kompleks Basilika sebagai museum.

Warisan Ignatius di antaranya adalah sekolah-sekolah dan berbagai institusi proses mengedukasi Yesuit di seluruh penjuru alam. Di Amerika Serikat saja terdapat 28 perguruan tinggi dan universitas serta bertambah dari 50 sekolah menengah yang dikelola oleh kaum Yesuit. Di Indonesia, belasan institusi proses mengedukasi Yesuit telah berdiri dan melayani bangsa Indonesia selama berpuluh-puluh tahun, seperti Universitas Sanata Dharma dan Kolese De Britto di Yogyakarta serta Kolese Kanisius dan Kolese Gonzaga di Jakarta.

Lambang Keluarga Oñaz-Loyola

Lambang Keluarga Oñaz-Loyola adalah simbol garis keturunan Oñaz dalam keluarga Ignatius, dan dipergunakan oleh banyak insitusi Yesuit di berbagai penjuru alam.

Lambang Keluarga Oñaz-Loyola

Bibliografi

Patung Ignatius of Loyola, di Belo Horizonte, Brasil.

Primer

  • Loyola, (St.) Ignatius (1964). The Spiritual Exercises of St. Ignatius. Anthony Mottola. Garden City: Doubleday. ISBN 9780385024365. 
  • Loyola, (St.) Ignatius (1900). In Joseph O'Conner. The Autobiography of St. Ignatius. New York: Benziger Brothers. OCLC 1360267. [20]
  • Loyola, (St.) Ignatius (1992). In John Olin. The Autobiography of St. Ignatius Loyola, with Related Documents. New York: Fordham University Press. ISBN 082321480X. 
  • Foss, Michael (1969). The Founding of the Jesuits, 1540. Turning Points in History Series. London: Hamilton. ISBN 0241015138. 

Sekunder

  • Bartoli, Daniello (1855). History of the Life and Institute of St. Ignatius de Loyola: Founder of the Society of Jesus. New York: Edward Dunigan and Brother. 
  • Caraman, Philip (1990). Ignatius Loyola: A Biography of the Founder of the Jesuits'. San Francisco: Harper & Row. ISBN 0062501305. 
  • O'Malley, John W. (1993). The First Jesuits. Cambridge: Harvard University Press. ISBN 0674303121. 
  • Meissner, William (1992). Ignatius of Loyola: The Psychology of a Saint. New Haven: Yale University Press. ISBN 0300060793. 
  • García Villoslada, Ricardo (1986). San Ignacio de Loyola: Nueva biografía (in Spanish). La Editorial Católica. ISBN 8422012677. 

Karya-karya Lainnya

  • The Spiritual Exercises of St Ignatius, TAN Books, 2010. ISBN 978-0-89555-153-5

Biografi

  • Life of St. Ignatius of Loyola, TAN Books, 1997. ISBN 978-0-89555-345-4
  • St. Ignatius of Loyola, TAN Books, 2008. ISBN 978-0-89555-624-0

Referensi

Templat:Christian Mysticism

  1. ^ Idígoras Tellechea, José Ignacio (1994). "When was he born? His nurse's account". Ignatius of Loyola: The Pilgrim Saint. Chicago: Loyola University Press. p. 45. ISBN 0829407790. 
  2. ^ "The Counter-Reformation". Washington State University. Retrieved 2010-03-28. 
  3. ^ "Summer Fiestas". euskadi.net. Retrieved 2008-07-24. 
  4. ^ a b Wikisource-logo.svg John Hungerford Pollen (1913). "St. Ignatius Loyola". Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton Company. Retrieved 2008-06-28. 
  5. ^ The southern part of the Pyrenees of the Kingdom of Navarre, having been absorbed by the Kingdom of Castile in 1499, became part of the unified Kingdom of Spain
  6. ^ "Nombres: Eneko". Euskaltzaindia (The Royal Academy of the Basque Language). Retrieved 2009-04-23.  Article in Spanish
  7. ^ Verd, Gabriel María (1976). "El "Íñigo" de San Ignacio de Loyola". Archivum Historicum Societatis Iesu (in Spanish) (Roma: Institutum Historicum Societatis Iesu) 45: 95–128. ISSN 0037-8887. 
  8. ^ Verd, Gabriel María (1991). "De Iñigo a Ignacio. El cambio de nombre en San Ignacio de Loyola". Archivum Historicum Societatis Iesu (in Spanish) (Roma: Institutum Historicum Societatis Iesu) 60: 113–160. ISSN 0037-8887. "That St. Ignatius of Loyola's name was changed is a known fact, but it cannot be said that it is widely known in the historiography of the saint — neither the characteristics of the names Iñigo and Ignacio nor the reasons for the change. It is first necessary to make clear the meaning of the names; they are distinct, despite the persistently held opinion in onomastic (dictionaries) and popular thought. In Spain Ignacio and Iñigo are at times used interchangeably just as if they were Jacobo and Jaime. With reference to the name Iñigo, it is fitting to give some essential notions to eliminate ambiguities and help understand what follows. This name first appears on the Ascoli brome (dated November 18, 90 B.C.), in a list of Spanish knights belonging to a Turma salluitana or Saragossan. It speaks of Elandus Enneces f[ilius], and according to Menéndez Pidal the final «s» is the «z» of Spanish patronymics, and could be nothing other than Elando Iñiguez. It is an ancestral Hispanic name. Ignacio, on the other hand, is a Latin name. In classical Latin there is Egnatius with an initial E. It appears only twice with an initial I (Ignatius) in the sixty volumes of the Corpus Inscriptionum Latinarum. This late Latin and Greek form prevailed. In the classical period Egnatius was used as a nomen (gentilitial name) and not as a praenomen (first name) or cognomen (surname), except in very rare cases. (...) The most important conclusion, perhaps unexpected, but not unknown, is that St. Ignatius did not change his name. That is to say, he did not intend to change it. What he did was to adopt for France and Italy a name which he believed was a simple variant of his own, and which was more acceptable among foreigners. That Ignacio ended up replacing Iñigo does not change his intention. If he had remained in Spain, he would have, without doubt, remained Iñigo." 
  9. ^ Gentilhombre should be understood as servant of the court. By contrast, the English term Gentleman denotes a man of good family. In this sense the word equates with the French Gentilhomme (nobleman), which latter term was in Great Britain long confined to the peerage.(see Spanish Wikipedia article Gentilhombre.)
  10. ^ a b Rochford, Thomas. "St. Ignatius Loyola: the pilgrim and man of prayer who founded the Society of Jesus". Society of Jesus. Retrieved 2007-11-15. 
  11. ^ Sr Mary Immaculate Bodenstedt, "The Vita Christi of Ludolphus the Carthusian", a Dissertation, Washington: Catholic University of America Press 1944 British Library Catalogue No. Ac2692.y/29.(16).
  12. ^ "The Vita Christi" by Charles Abbot Conway Analecta Cartusiana 34
  13. ^ "Ludolph's Life of Christ" by Father Henry James Coleridge in The Month Vol 17 (New Series VI) July — Dec 1872 pages 337-370
  14. ^ Jesuits, A Multibiography by Jean Lacouture, p. 18, Washington, D.C.: Counterpoint, 1995
  15. ^ Jesuits, A Multibiography by Jean Lacouture, p. 24, Washington, D.C.: Counterpoint, 1995
  16. ^ Jesuits, A Multibiography by Jean Lacouture, pp. 27-29, Washington, D.C.: Counterpoint, 1995
  17. ^ a b History of The World by John Clarke Ridpath, Vol. V, pp.238, New York: Merrill & Baker, 1899
  18. ^ Wikisource-logo.svg J.H. Pollen (1913). "History of the Jesuits Before the 1773 Suppression". Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton Company. Retrieved 2008-06-28. 
  19. ^ Ignatius Loyola, Spiritual Exercises, Rule 13 Henry Bettenson, ed., Documents of the Christian Church, 2nd ed. (London: Oxford University Press, 1963), p. 260.
  20. ^ For information on the O'Conner and other translations, see notes in A Pilgrim's Journey: The Autobiography of Ignatius of Loyola Page 11-12.

Pranala Luar

  • "St. Ignatius of Loyola, Confessor", Butler's Lives of the Saints
  • The Life of St. Ignatius of Loyola, Confessor & Founder of the Jesuits
  • "St. Ignatius Loyola". Catholic Encyclopedia. 1913. 
  • Karya oleh atau tentang Ignatius Loyola di perpustakaan (katalog WorldCat)
  • Biography of Ignatius of Loyola
  • The Spiritual Exercises of St. Ignatius Translation by Elder Mullan, S.J.
  • Letters of St. Ignatius of Loyola
  • St. Ignatius Loyola and Opus Dei
  • "Contemplation to Attain Love", by Ignatius of Loyola
  • The Goa Jesuit Province of the Society of Jesus
  • Founder Statue in St Peter's Basilica
  • FamiliaIgnaciana.com - Comunidad de Ignacianos en los Estados Unidos
  • Saint Ignatius' College
  • Finding God In All Things


Sumber :
wiki.edunitas.com, id.wikipedia.org, ilmu-pendidikan.com, kategori-antropologi.kelas-karyawan.co.id, dsb-nya.



   Alqur'an Online    Download Brochures    Master School Program    Diverse Communities    Reference Center    Free Tuition    Prayer Times    Tutorial book    Online Registration    Regular College    Psychotest Practice    Waivers Cost Study Request    Advanced School Program    Many Kinds Promotion    Job Vacancy    Online Tuition in the Best 168 PTS    Try Out Exam Schedule


Ignatius of Loyola