Kisah Para Rasul 8
← pasal 7 Kisah Para Rasul 8 pasal 9 → | ||||
---|---|---|---|---|
Kisah Para Rasul 8:26-32 pada Papirus 50, yang dibuat anggar-anggar masa 100 tahun ke-3. | ||||
Kitab: | Kisah Para Rasul | |||
Anggota Alkitab: | Perjanjian Baru | |||
Kitab ke- | 5 | |||
Kategori: | Sejarah gereja |
Kisah Para Rasul 8 (disingkat "Kis 8") yaitu anggota Kitab Kisah Para Rasul dalam Perjanjian Baru di Alkitab Kristen. Ditulis oleh Lukas, seorang Kristen yang adalah teman seperjalanan Rasul Paulus.[1][2]
Teks
- Naskah aslinya ditulis dalam bahasa Yunani.
- Sejumlah naskah tertua yang berisi salinan pasal ini dalam bahasa Yunani diantaranya yaitu
- Papirus 50 (abad ke-3; terlestarikan: ayat 26-32)
- Codex Vaticanus (~325-350 M)
- Codex Sinaiticus (~330-360 M)
- Codex Bezae (~400 M)
- Codex Alexandrinus (~400-440 M)
- Codex Ephraemi Rescriptus (~450 M)
- Codex Laudianus (~ 550 M)
- Pasal ini dibagi atas 40 ayat.
- Berisi riwayat penyebaran murid-murid ke Yudea dan Samaria, khususnya pekerjaan diaken Filipus.
Struktur
Pembagian isi pasal (disertai referensi silang dengan anggota Alkitab lain):
- Kisah Para Rasul 8:1-3 = Penganiayaan terhadap jemaat di Yerusalem
- Kisah Para Rasul 8:4-25 = Filipus di Samaria
- Kisah Para Rasul 8:26-40 = Sida-sida dari tanah Etiopia
Ayat 37
- Sahut Filipus: "Jika tuan percaya dengan segenap hati, boleh." Jawabnya (sida-sida Etiopia): "Aku percaya, bahwa Yesus Kristus yaitu Anak Allah."[3]
Irenaeus (130-202), seorang bapa gereja, mencatat bahwa sida-sida itu kembali ke Etiopia dan dijadikan penginjil untuk bangsanya.[4] J. A. Alexander (1857) berpendapat, ayat ini, meskipun asli, dihilangkan oleh banyak penyalin, "karena tidak berdasarkan dengan adat untuk menunda baptisan, yang dijadikan lazim, atau, paling tidak, sering dilangsungkan, sebelum kesudahan masa 100 tahun ke-3."[5] Karenanya ayat ini tidak ditemukan dari mayoritas naskah Alkitab bahasa Yunani jenis Teks Alexandria, sehingga dihilangkan atau dipindahkan ke catatan kaki dalam banyak versi Alkitab bahasa Inggris modern. Namun telah tersedia di banyak naskah kuno, khususnya Teks Bizantin, termasuk naskah Codex Laudianus atau E (~ 550 M). Kata-katanya dikutip oleh Irenaeus (~ tahun 180 M), Cyprian (~ tahun 250 M), Ambrosiaster (~384), Pacian (392 M), Ambrose (397 M), Augustinus (430 M), Venerable Bede dari Inggris (735 M) dan Theophylact (1077); serta dijumpai dalam "Old Latin" (Vetus Latina; masa 100 tahun ke-2) maupun Vulgata (380-400). Dalam catatannya Erasmus menulis bahwa beliau mengambil pembacaan ini dari marjin naskah 4ap dan memasukkannya ke dalam Textus Receptus.[6]
Berikut kutipan Irenaeus (~180 M):
- "[Filipus menyatakan] bahwa itulah Yesus, dan bahwa Kitab Suci telah digenapi di dalam Dia; demikian pula dengan sida-sida yang percaya itu sendiri: dan, segera meminta untuk dibaptis, beliau berkata, "Aku percaya bahwa Yesus Kristus yaitu Anak Allah." Orang ini kemudian diutus ke wilayah Etiopia, untuk mengabarkan apa yang dipercayainya sendiri, bahwa telah tersedia satu Allah yang diberitakan oleh para nabi, tetapi bahwa Anak-Nya sudah mempertunjukkan diri menurut hakekat manusia (secundum hominem)."[7]
Kutipan Cyprian (~250 M):
- "Karena meskipun dalam Kisah Para Rasul sida-sida itu digambarkan seketika itu pula dibaptiskan oleh Filipus, karena "ia percaya dengan segenap hatinya," hal ini bukanlah kesejajaran yang sama. Karena orang ini yaitu seorang Yahudi, dan sementara beliau kembali dari Bait Tuhan beliau sedang membaca [kitab] nabi Yesaya,"[8]
Kutipan Pontius dari Kartago:
- "Karena meskipun dalam Kisah Para Rasul sida-sida itu digambarkan seketika itu pula dibaptiskan oleh Filipus, karena "ia percaya dengan segenap hatinya," hal ini bukanlah kesejajaran yang sama. Karena orang ini yaitu seorang Yahudi, dan sementara beliau kembali dari Bait Tuhan beliau sedang membaca [kitab] nabi Yesaya"[9]
Kutipan Augustinus (354-430 M):
- "Sida-sida itu percaya untuk Kristus, dan berkata ketika mereka tiba di suatu tempat berair, Lihat telah tersedia air, apa yang menghalangiku untuk dibaptis? Filipus berkata untuknya, apakah engkau percaya untuk Yesus Kristus? Beliau menjawab, Aku percaya bahwa Yesus Kristus yaitu Anak Allah. Segera beliau turun bersamanya ke dalam air itu."[10]
Daftar naskah yang berisi ayat 37:
- Naskah Latin kuno: l, m, e, r, ar, ph, dan gig
- Naskah Yunani: Codex E (abad ke-6) dan sejumlah naskah lain: 4, 36, 88, 97, 103, 104, 242, 257, 307, 322, 323, 385, 429, 453, 464, 467, 610, 629, 630, 913, 945, 1522, 1678, 1739, 1765, 1877, 1891, dan sebagainya, dengan beberapa variasi kecil, misalnya: 88 tidak menyertakan "o Philippos" (Filipus) tetapi menambahkan "o eunouchos" (sida-sida itu) dan "auto" (benar-benar). Sehingga dalam 88 berbunyi, "Dan beliau berkata, jika engkau percaya dengan segenap hati, boleh. Dan sida-sida itu menjawab dan berkata, Aku percaya bahwa Yesus Kristus benar-benar yaitu Anak Allah." Varian-varian tersebut yaitu sangat umum di antara naskah-naskah Yunani. Perlu dicatat, bahwa varian-varian ini tidaklah termasuk penghilangan anggota itu dari suatu naskah atau mengakibatkan penghilangan anggota itu.[11] Juga dibawa masuk dalam naskah Yunani Textus Receptus dari Stephanus (tahun 1550), Beza (1598) dan Elzevir (1633).[12]
Referensi
- ^ Willi Marxsen. Introduction to the New Testament. Pengantar Perjanjian Baru: pendekatan kristis terhadap masalah-masalahnya. Jakarta:Gunung Mulia. 2008. ISBN:9789794159219.
- ^ John Drane. Introducing the New Testament. Memahami Perjanjian Baru: Pengantar historis-teologis. Jakarta:Gunung Mulia. 2005. ISBN:9794159050.
- ^ Kisah Para Rasul 8:37
- ^ The Nelson Study Bible. Thomas Nelson, Inc. 1997
- ^ The Acts Of The Apostles, by J. A. Alexander, New York: Scribner, 1967, vol. 1, pp. 349-350.
- ^ Edward F. Hills (1912-1981), "The King James Version Defended: A Christian View of the New Testament Manuscripts" (1956). Chapter 8, The Christian Research Press; 4th edition (August 1997). ISBN-10: 0915923009; ISBN-13: 978-0915923007
- ^ Irenaeus. Melawan Paham Sesat (Against Heresies) (140-200) Book III. (3.12.8). juga I 1:433.
- ^ Cyprian (200 - 258). The Treatises of Cyprian, Treatise 12, Book 3, Section 43.
- ^ Pontius. Hidup dan Penderitaan Cyprian, Uskup dan Syuhada (The Life and Passion of Cyprian, Bishop and Martyr), paragraf 3. Pontius dari Kartago yaitu seorang diaken di bawah Cyprian. Bukunya tentang Cyprian ditulis tidak lama setelah kematian Cyprian pada tahun 258 M.
- ^ Augustinus (354-430 AD), Sermon 49
- ^ Thomas Holland. Crowned With Glory, ©2000.
- ^ "Acts 8:37 - Is it inspired Scripture or not?"
Lihat juga
Pranala luar
- (Indonesia) Teks Kisah Para Rasul 8 dari Alkitab SABDA
- (Indonesia) Audio Kisah Para Rasul 8
- (Indonesia) Referensi silang Kisah Para Rasul 8
- (Indonesia) Komentari bahasa Indonesia untuk Kisah Para Rasul 8
- (Inggris) Komentari bahasa Inggris untuk Kisah Para Rasul 8
Kategori: |
m.andrafarm.com, kategori-antropologi.ggiklan.com, wiki.edunitas.com, id.wikipedia.org, dsb.