Animasi
Ganti ke tayangan  M1, 2 Laptop HP
Judul Artikel (Indeks) : A B D E F 
Amerika Utara   ⛤ Antartika   ⛤ Asia   ⛤ Daftar Isi   ⛤ Hukum   ⛤ Ilmu Pengetahuan
Cari di Kumpulan Kuliah Bebas   
Anglomas Internasional Bank  (Artikel sebelumnya)(BerikutnyaAnimisme

Animasi

Animasi, atau semakin erat disebut dengan film animasi, yaitu film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga dijadikan gambar yang bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-"putar" sehingga muncul efek gambar bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi dijadikan sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini semakin banyak muncul bertubi-tubi film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi.

Wayang kulit merupakan salah satu wujud animasi tertua di dunia. Bahkan ketika teknologi elektronik dan komputer belum diketemukan, pertunjukan wayang kulit telah memenuhi semua elemen animasi seperti layar, gambar bergerak, dialog dan ilustrasi musik.

Daftar pokok

Ronde pembuatan animasi

Berada dua ronde pembuatan film animasi, diantaranya yaitu secara konvensional dan digital. Ronde secara konvensional sangat membutuhkan dana yang cukup mahal, sedangkan ronde pembuatan digital cukup ringan. Sedangkan untuk hal perbaikan, ronde digital semakin cepat dibandingkan dengan ronde konvensional. Tom Cardon seorang animator yang pernah menangani animasi Hercules mengakui komputer cukup berperan. "Perbaikan secara konvensional untuk 1 kali revisi memakan waktu 2 hari sedangkan secara digital hanya memakan waktu berkisar selang 30-45 menit."[1] Dalam ronde mengisi suara sebuah film mampu diperagakan sebelum atau sesudah filmnya selesai. Kebanyakan dubbing diperagakan masa film sedang dalam ronde, tetapi kadang-kadang seperti dalam animasi Jepang, sulih suara justru diperagakan sesudah filmnya selesai dibuat.

Animasi 2Dimensi

Tehnik konvensional

Teknik Celluloid (kadang-kadang disebut cell saja) ini merupakan teknik mendasar dalam pembuatan film animasi klasik. Sesudah gambar mejadi sebuah rangkaian gerakan maka gambar tersebut akan ditransfer keatas lembaran transparan (plastik) yang tembus pandang/ sel (cell) dan diwarnai oleh Ink and Paint Departement. Sesudah selesai film tersebut akan direkam dengan kamera khusus, yaitu multiplane camera di dalam ruangan yang serba hitam.

Objek utama yang mengeksploitir gerak dibuat terpisah dengan latar belakangan dan depan yang statis. Dengan demikian, latar belakangan (background) dan latar depan (foreground) dibuat hanya sekali saja. Cara ini mampu menyiasati pembuatan gambar yang melampaui batas banyak.

  • Pra-produksi:
    • Konsep,
    • Skenario,
    • Pembentukan karakter,
    • Storyboard,
    • Dubbing awal,
    • Musik dan sound FX
  • Produksi:
    • Lay out (Tata letak),
    • Key motion (Gerakan kunci/ inti),
    • In Between (Gambar yang menghubungkan selang gambar pokok ke gambar pokok yang lain)
    • Clean Up (Membikin supaya bersih gambar dengan menjiplak)
    • Background (Gambar latar belakang),
    • Celluloid (Ditransfer keatas plastik transparan)
    • Coloring (Mewarnai dengan tinta dan cat).
  • Post-produksi:
    • Composite,
    • Camera Shooting (Gambar akan diambil dengan kamera, dengan mengambil frame demi frame),
    • Editing,
    • Rendering,
    • Pengalihan film kedalam roll film.

Tehnik digital

Sesudah peningkatan teknologi komputer di era 80-an, ronde pembuatan animasi 2 dimensi dijadikan semakin mudah. Yang sangat nyata dirasakan yaitu kemudahan dalam ronde pembuatan animasi. Untuk penggarapan animasi sederhana, mulai dari perancangan model sampai ronde mengisi suara/dubbing mampu diperagakan dengan mempergunakan satu personal komputer. Setiap kealpaan mampu dikoreksi dengan cepat dan mampu dengan cepat pula disediakan perubahan. Sementara dengan teknik konvensional, setiap detail kealpaan kadang-kadang harus diulang kembali dari awal. Ronde pembuatan animasi 2Dimensi digital terdiri dari:

  • Pra-produksi:
    • Konsep,
    • Skenario,
    • Pembentukan karakter,
    • Storyboard,
    • Dubbing awal,
    • Musik dan sound FX
  • Produksi:
    • Lay out,
    • Key motion,
    • In Between,
    • Background,
    • Scanning
    • Coloring.
  • Post-produksi:
    • Composite,
    • Editing,
    • Rendering,
    • Pengalihan film kedalam bermacam media berupa VCD, DVD, VHS dan lainnya.

Animasi 3Dimensi

Tiga Dimensi, biasanya digunakan dalam penanganan grafis. 3D secara umum merujuk pada daya dari sebuah video card (link). Masa ini video card menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card itu sendiri (bukan berasal dari software) untuk mencapai hasil grafik yang semakin realistis dalam melakukan game komputer.[2]

Film Animasi dengan keuntungan tertinggi

Sampai masa ini, berada beberapa film animasi yang ada keuntungan yang sangat agung, sebut saja Shrek 2 atau Finding Nemo, yang keuntungannya sudah diatas 800 juta dollar, yang film lain saja sangat sulit mendapatkannya. Berikut yaitu 20 film animasi dengan penghasilan tertinggi :

RankNama FilmStudioPenghasilan duniaTahun
1Shrek 2DreamWorks SKG$919,838,7582004
2Ice Age: Dawn of the DinosaursBlueSky$878,701,2442003
3Finding NemoDisney/Pixar$864,625,9782003
4Shrek The ThirdDreamWorks SKG$798,958,1622007
5The Lion KingBuena Vista/Walt Disney$783,841,7761994
6UpDisney/Pixar$683,807,9812009
7Ice Age: The Meltdown20th Century Fox$655,388,1582006
8RatatouilleDisney/Pixar$643,707,3972007
9Kung Fu PandaDreamWorks SKG$631,736,4842008
10The IncrediblesDisney/Pixar$631,442,0922004
11Madagascar: Escape 2 AfricaDreamWorks SKG$603,900,3092008
12Monsters, Inc.Disney/Pixar$545,366,5972001
13WALL•EDisney/Pixar$533,268,2372008
14MadagascarDreamWorks SKG$532,680,6712005
15AladdinBuena Vista/Walt Disney$504,050,2191992
16Toy Story 2Disney/Pixar$485,015,1791998
17ShrekDreamWorks SKG$484,409,2182001
18CarsDisney/Pixar$461,983,1492006
19TarzanBuena Vista/Walt Disney$448,191,8191999
20Wayang IndonesiaWabanana Studios$919,191,8192010
21Happy FeetWarner Bros.$384,300,0002006

Animasi di Indonesia

Peningkatan animasi sebenarnya telah meluas di Indonesia, bahkan berada beberapa studio yang telah membikin animasi lisensi luar dikerjakan oleh tenaga pandai lokal atau dengan kalimat lain, Indonesia sudah lama tersohor hanya sebagai tempat produksi industri film animasi Jepang dan Amerika Serikat. Data Ainaki (Asosiasi Industri Animasi dan Konten Indonesia) mencatat nama-nama studio animasi Indonesia, diantaranya adalah: Frozzty Entertainment,Dreamlight Animation, Tunas Pandai Integraha, Castle Production,CAM Solution,DreamTOoN, Mirage, Pustaka Lebah, Jogjakartun, Mrico, Animad Studio, Jelly Fish, Bulakartun, Griya Studio, Bening Studio, Studio Kasatmata, ADBstudio, Hicca Animation Studios, Asiana Wang Animation, Bintang Banyolan Cartoon Film, Red Rocket, Infinite Frameworks Studios Batam, Animotion Academy, Sianima Animation dsb-nya.[3]

Catatan kaki

  1. ^ Tom Cardon tentang peranan komputer dalam industri animasi.
  2. ^ Peperangan menggambar dalam mewujudkan ide karya animasi.
  3. ^ Daftar nama studio animasi di Indonesia.

Pranala luar

  • Mengubah tukang dijadikan pandai disitus Kompas.com.
  • Bagaimana film animasi dibuat.
  • IDS | International Design School.
 
Cinta
BuddyChick flickDrama • Drama sejarah • Melodrama • Musikal • Romansa • KomediKomedi romantis • Komedi screwball • Gerak badan
 
Kematian
LagaPetualangan • Kriminal • Bencana • Fantasi • Film noir • Perampokan • Horor • Mafia • Misteri • Jalan • Jalan • FiktifFiktif ilmiah • Mata-mata • Pahlawan super • Thriller • Peperangan • Western • Wuxia
 
Non-genre

Animasi • Biografi • Kultus • DokumenterEpik • Uji tes • Eksploitasi • Independen • LGBT • Mokumenter • Porno • PendekFilm bisu • Snuff • Keluarga



Sumber :
diskusi.biz, kategori-antropologi.gilland-group.com, wiki.edunitas.com, id.wikipedia.org, dan sebagainya.



 Daftar Online
 Lowongan Karir
 Berbagai Iklan
 Program Perkuliahan Online / Daring di 168 PTS Terbaik
Pendaftaran Online
Info Beasiswa
eduNitas.com
Being Successful is Easy
Informasi PTS Penyelenggara
Program Perkuliahan Reguler Pagi (Perkuliahan Online / Daring)

Profile PTS-PTS
Penerimaan Mhs Baru
Jurusan
Program Studi + Karir
Layanan Kami
Cepat dapat Kerja
Pustaka Online
 ⛤ Afrika
 ⛤ Amerika Selatan
 ⛤ Fisika
 ⛤ Geografi
 ⛤ Hewan
 ⛤ Maroko
 ⛤ Mongolia
 ⛤ Subulussalam
 ⛤ Sukoharjo
 ⛤ Teknologi
 ⛤ Tumbuhan
Daftar Website Gabungan PTS
Daftar Website Program Reguler Siang
Daftar Website Program Pascasarjana (S2)
Daftar Website Kuliah Karyawan
Daftar Website Kelas Paralel
 Tips & Trik Psikotes
 Pusat Pengetahuan Bebas
 Bermacam2 Perdebatan
 Pengajuan Keringanan Biaya Pendidikan
 Download Katalog
 Program Perkuliahan Bebas Biaya
 Kuliah Non Reguler
 Program Master (Magister, Pascasarjana, S2)
 Program Kuliah Reguler Siang
 Kelas Paralel
 Jadwal Ujian Try Out
 Waktu Sholat
 Al Quran Online
 Referensi Komputer




Facebook Kuliah Karyawan

  ⛤  
Kumpulan Kuliah Bebas