Kabala
Kabala |
![]() |
Sub-topik |
---|
Pohon Kehidupan (Kabala) |
Kabala |
Sefirot |
Seder hishtalshelus |
Gematria |
Qlifot |
Raziel |
Ein Sof |
Rishonim |
Tzimtzum |
Meditasi Yahudi |
Astrologi Kabalistik |
Orientasi Yahudi tentang astrologi |
Tokoh |
Shimon bar Yohai |
Moshe Cordovero |
Arizal |
Ishak yang Buta |
Bahya ben Asher |
Azriel |
Yosef Karo |
Israel Sarug |
Israel ben Eliezer |
Gershom Scholem |
Teks |
Zohar |
Sefer Yetzirah |
Bahir |
Heikhalot |
Kategori |
Kabala |
Mistisisme Yahudi |
Okultisme |
![](https://kategori-antropologi.pts-ptn.net/_sepakbola/_baca_image.php?td=19&kodegb=250px-Tree_of_Life_Medieval.jpg)
![](https://kategori-antropologi.pts-ptn.net/_sepakbola/_baca_image.php?td=19&kodegb=250px-Kabbalistic_Tree_of_Life_Sephiroth.png)
Kabala (bahasa Ibrani: קַבָּלָה; vokalisasi standar: Qabbala; vokalisasi Tiberias: Qabbālāh; secara harafiah berarti "menerima" dalam pengertian suatu "tradisi yang diterima ") adalah sebuah bentuk esoterik dari mistisisme Yahudi, yang berupaya untuk menyingkapkan pengertian-pengertian mistis yang terselubung dalam Tanakh (Kitab Suci Ibrani). Kabala menawarkan pemahaman mistis ke dalam hakikat ilahi.
Istilah "Kabala" mulanya dipergunakan dalam teks-teks Talmud, di selang Geonim (para rabi masa ratus tahun pertengahan awal) dan oleh Rishonim (rabi-rabi masa ratus tahun pertengahan yang belakangan) sebagai rujukan kepada kelompok tradisi lisan yang lengkap dari nasihat Yahudi, yang tersedia untuk umum. Bahkan karya-karya para nabi dirujuk sebagai Kabala, sebelum mereka dikanonkan sebagai anggota dari tradisi lisan. Dalam pengertian ini Kabala dipergunakan dalam merujuk semua hukum lisan Yudaisme. Sehabis beberapa lama, hukum lisan ini dicatat, tetapi ajaran-ajaran esoteriknya tidak berubah tinggal sebagai suatu tradisi lisan. Dengan demikian, ajaran-ajaran esoterik tidak berubah merupakan tradisi lisan. Jadi, istilah ini seterusnya terkait dengan doktrin-doktrin pengetahuan esoterik mengenai Allah, ciptaan dunia semesta Allah dan hukum-hukum dunia, alasan-alasan untuk perintah-perintah di dalam Torah dan cara-cara Allah mengatur keberadaan dunia semesta. Sekarang bahkan ajaran-ajaran esoterik Torah dicatat, tetapi tidak berubah diketahui sebagai Kabala.
Menurut tradisi Yahudi Kabala bersumber sejak Adam, meskipun para rabi liberal yang modern memperhitungkan asal-usulnya pada masa ratus tahun ke-13. Pengetahuan ini diturunkan sebagai sebuah wahyu untuk memilih warga suci dari saat lampau yang jauh, dan sebagian akbar, dilestarikan hanya oleh segeliintir orang yang beruntung. Protokol yang tepat untuk memberi pelajaran ke hikmat ini, serta banyak dari konsepnya, dicatat di dalam Talmud (bab kedua dari traktat Haggiga). Ia dianggap sebagai anggota dari hukum lisan Yahudi oleh sebagian akbar orang Yahudi yang saleh pada saat modern, meskipun hal ini tidak disetujui oleh banyak rabi liberal modern dan sebagian kecil dari rabi-rabi Ortodoks.
Ucap קַבָּלָה biasanya ditransliterasikan sebagai "Kabala" tetapi juga dapat ditulis sebagai Cabbalah, Kaballah, Qabalah, dan lain-lainnya.
Daftar konten
Sumber usul Mistisisme Yahudi
Menurut para penganut Kabala, sumber usul Kabala dimulai dengan rahasia-rahasia yang disingkapkan . Menurut sebuah midrash rabinik menciptakan dunia semesta melintas sepuluh sefirot. Ketika dibaca oleh generasi-generasi Kabalis yang belakangan, cerminan Torah tentang penciptaan dalam Kitab Kejadian menyingkapkan rahasia-rahasia tentang sendiri, hakikat sejati [], Taman Eden, Pohon Pengetahuan tentang Hal yang Adun dan Jahat dan Pohon Kehidupan, serta interaksi dari makhluk-makhluk adikodrati ini dengan si Ular yang menyebabkan bencana ketika mereka memakan buah terlarang, seperti yang direkam dalam Kejadian 2[1].
Alkitab memberikan banyak bahan tambahan untuk spekulasi mitis dan mistis. Penglihatan nabi Yehezkiel khususnya mengundang banyak spekulasi mistis, seperti halnya pula penglihatan Yesaya di Bait Suci (pasal 6). Penglihatan Yakub tentang tangga yang menuju ke surga adalah sebuah teks lain yang memberikan contoh tentang pengalaman mistis. Pengalaman Musa dengan semak yang terbakar dan perjumpaannya dengan di Gunung Sinai, keseluruhan adalah bukti tentang kejadian-kejadian mistis di dalam Tanakh, dan bentuk sumber usul kepercayaan mistis Yahudi.
Ke-72 nama yang dipergunakan dalam mistisisme Yahudi bersumber dari ekspresi Ibrani yang diungkapkan oleh Musa untuk membelah Laut Teberau untuk melarikan diri dari musuh yang kian mendekat, dengan pertolongan seorang malaikat. Ini adalah mujizat terbesar dalam kisah pembebasan warga Ibrani yang seterusnya dikunjungi dengan penerimaan Dasa Titah dan penerimaan Torah di Gunung Sinai yang menciptakan bangsa Yahudi pertama sekitar 300 tahun sebelum Raja Saul.
Menurut para sejarahwan, otoritas Kabala didasarkan pada suatu argument tentang otoritas berdasarkan zaman purba kala. Akibatnya, praktis semua karya mengklaim secara pseudopigrafis atau yang dianggap dikarang oleh seseorang dari saat purba kala. Misalnya, Sefer Raziel HaMalach, sebuah teks astro-magis yang sebagian didasrkan pad amanal magis dari zaman kuno kesudahan, Sefer ha-Razim, menurut para Kabalis, diturunkan kepada Adam (setelah ia diusir keluar dari Taman Eden) oleh malaikat Raziel. Sebuah karya lain yang terkenal, Sefer Yetzirah, diakui bersumber dari salah seorang leluhur, Abraham. Kecenderungan ke arah pseudopigrafa ini mempunyai akarnya pada literatur Apokaliptik, yang mengklaim pengetahuan esoterik, seperti magi, ramalan, dan astrologi, diturunkan kepada manusia pada saat lalu yang mitis oleh dua malaikat, yaitu Aza dan Azaz'el (di tempat-tempat lain disebut, Azaz'el dan Uzaz'el) yang 'jatuh' dari surga (lihat Kejadian 6:4).
Klaim bahwa Kabala bersumber dari zaman purba juga telah membentuk teori-teori modern yang berpengaruh dalam merekonstruksikan sejarah mistisisme Yahudi. Muncul teori bahwa versi-versi tertua mistisisme Yahudi bersumber dari teologi dan mistisisme Asyur. Dr. Simo Parpola, profesor Asiriologi di Universitas Helsinki, menunjukkan pada kesamaan umum selang Sefirot Kabala dengan Pohon Kehidupan di Asyur. Ia merekonstruksikan bagaimana lebih kurang rupa Sefirot pada saat Asyur.[2] Ia mencocokkan ciri-ciri En Sof pada node dari Sefirot dengan dewa-dewa Asyur. Dalam orientasinya, sah paralel selang dewa-dewa Asyur ini dengan ciri-ciri dalam Kabala. Bangsa Asyur menetapkan jumlah tertentu pada dewa-dewa mereka, seperti halnya Sefirot menetapkan jumlah node. Namun, bangsa Asyur memanfaatkan sistem angka seksagesimal, sementara Sefirot desimal. Dengan angka-angka Asyur, lapisan-lapisan tambahan makna dan relevansi mistik muncul dalam Sefirot. Biasanya, dewa Assur melayang-layang di atas Pohon Kehidupan Asyur, dan hal ini sesuai dengan En Sof, yang, melintas serangkaian transformasi, juga diambil dari ucap Assur dalam Bahasa Asyur.
Rujukan
- ^ Artson, Bradley Shavit. From the Periphery to the Centre: Kabbalah and the Conservative Movement, United Synagogue Review, Spring 2005, Vol. 57 No. 2
- ^ Parpola S. 1993. The Assyrian Tree of Life: Tracing the Origins of Jewish Monotheism and Greek Philosophy. Journal of Near Eastern Studies. 52(3) hlm.161-208
Lihat juga
- Zohar
- Pohon Kehidupan
- Tzimtzum
- Abracadabra
- Donmeh
- Golem
- Filsafat Yunani (Kebudayaan Hellas)
- Hermetisisme
- Ordo Hermetis dari Fajar Keemasan
- Meditasi Yahudi
- Hukum-hukum Kabalistik
- Merkabah
- Mistisisme
- Pitagoreanisme
- Seder hishtalshelus
- Tujuh Dunia
- Kabala menurut Harun Yahya
- Tasawuf (mistisisme dalam Islam)
Tokoh-tokoh Kabala
- Yehuda Ashlag
- Baba Sali
- Baruch Ashlag
- Samuel Ben-Or Avital
- Elijah ben Solomon
- Isaac Luria
- Chaim Vital
- Michael ben Pesach Portnaar
- Israel ben Eliezer
- Michael Laitman
- Moses ben Jacob Cordovero
- Moses de Leon
- Simeon bar Yohai
- Yitzchak Kaduri
- Yosef Karo
- Yitzhak Aharon Korff
- Warren Kenton
Sumber-sumber
- Aivanhov, Omraam Mikhael THE FRUITS OF THE TREE OF LIFE (The kabbalistic Tradition), ISBN 2-85566-467-5
- Kaplan, Aryeh Inner Space: Introduction to Kabbalah, Meditation and Prophecy. Moznaim Publishing Corp 1990.
- Dan, J., The Early Jewish Mysticism, Tel Aviv: MOD Books, 1993.
- __________, The Heart and the Fountain: An Anthology of Jewish Mystical Experiences, New York: Oxford University Press, 2002.
- __________, “Samael, Lilith, and the Concept of Evil in Early Kabbalah,” AJS Review, vol. 5, 1980.
- __________, The ‘Unique Cherub’ Circle, Tubingen: J.C.B. Mohr, 1999.
Dan, J. and Kiener, R., The Early Kabbalah, Mahwah, N.J.: Paulist Press, 1986.
- Fine, L., ed., Essential Papers in Kabbalah, New York: NYU Press, 1995.
- ____________, Physician of the Soul, Healer of the Cosmos: Isaac Luria and his Kabbalistic Fellowship, Stanford: Stanford University Press, 2003.
- ____________, Safed Spirituality, Mahwah, N.J.: Paulist Press, 1989.
- ____________, ed., Judaism in Practice, Princeton N.J.: Princeton University Press, 2001.
- Idel, M., The Golem: Jewish Magical and Mystical Traditions on the Artificial Anthropoid, New York: SUNY Press, 1990.
- _________, Hasidism: Between Ecstasy and Magic, New York: SUNY Press, 1995.
- _________, “Kabbalistic Prayer and Color,” Approaches to Judaism in Medieval Times.
D. Blumenthal, ed., Chicago: Scholar’s Press, 1985.
- _________, The Mystical Experience in Abraham Abulafia, New York, SUNY Press, 1988.
- _________, Kabbalah: New Perspectives, New Haven: Yale Press, 1988.
- _________, “Magic and Kabbalah in the ‘Book of the Responding Entity,’” in The Solomon Goldman Lectures VI, Chicago: Spertus College of Judaica Press, 1993.
- _________, “The Story of Rabbi Joseph della Reina,” dalam Behayahu, M., Studies and Texts on the History of the Jewish Community in Safed.
- Scholem, Gershom, Kabbalah, Jewish Publication Society.
- Wineberg, Yosef. Lessons in Tanya: The Tanya of R. Shneur Zalman of Liadi (5 jilid). Merkos L'Inyonei Chinuch, 1998. ISBN 0-8266-0546-X
- The Wisdom of The Zohar: An Anthology of Texts, 3 jilid, Ed. Isaiah Tishby, terjemahan dari bahasa Ibrani oleh David Goldstein, The Littman Library.
Pranala luar
Kabala Yahudi/Ibrani
- Intro to Kabbalah and Self Discovery, a 12-Part Audio download online (only according to Jewish sources)
- [1] Dov Ber Pinson
- KabbalahUK.com Authentic Kosher Jewish Mysticism in UK
- Kabbalah Centre
- Full English and Aramaic Zohar Online
- The Gate Of Unity Terjemahan dan tafsir tentang Gerbang Kesatuan. (Chabad)
- Kabbalah Review
- Lessons in Tanya chabad.org
- What is Kabbalah? - Pengantar landasan ke dalam Kabala - chabad.org
- Kabalah kosher dari guru-guru Safed
- Teks-teks Kabala penting dalam bahasa Inggris
- Kabbalah In English: A Guide to English Language Resources for the Student of Traditional Rabbinic Kabbalah
- Kabala Hasidim
- Kabbalah 101
- Overview of Kabbalah
- FAQ tentang Kabbalah
- Velázquez - La Kabala y Las Meninas
- http://www.kabbalah-arizal.nl/indonesia/
Umum
- Bnei Baruch Kabbalah Education and Research Institute - sumber terbesar di internet tentang informasi spiritual gratis yang sepenuhnya diabdikan kepada nasihat Kabala
- Work of The Chariot: Sebuah situs otentik tentang Qabalah dengan banyak literatur penting yang tersedia dalam bahasa Inggris
- Kabbalah in Sistemagia
- Kabala dan Nama Ilahi Ehyeh dalam Keluaran 3:14
- Kabala dan Mistisisme Yahudi Perspektif Talmudis tentang Kabala
- Hikmat suci Kabala, Gnostisisme, Esoterisisme, Teologi Perbandingan
- Daftar Torah / Qabbola (Qabala) yang otentik dan tidak disangsikan Sebuah perspektif kritik Yahudi Ortodoks tentang Kabala Zohari.
- Siapa yang harus mempelajari Torah yang tersembunyi? Sebagian dari ajaran Maimonidies [Rambam] tentang siapa yang harus diajarkan aspek-aspek yang lebih mendalam dari Torah, dan bagiamana - diambil dari bukunya Moreh haNevukhim / Pedoman bagi yang Bingung. *Kabala Gnostik
- Kahbalah - Judaism's way into the New Age oleh Tony Pearce
- Hiperteks Abjad Ibrani
- Sistem Sefirotis dalam Sepher Yetsira, Bahir dan Post-Zohar Kabbalah
- Perpustakaan Digital Kabala
- Perpustakan Kunci-kunci Mistik
- KABBALAH NOW
Artikel ini memadukan teks dari Jewish Encyclopedia 1901–1906 , sebuah terbitan yang sekarang berada di ranah publik.
Kategori:
|
kategori-antropologi.kurikulum.org, wiki.edunitas.com, id.wikipedia.org, informasi.web.id, dsb.